Semarak Keagamaan, Olahraga dan Seni (SEGANI)

1. Pendahuluan

Teriring rasa syukur kita kepada Allah SWT atas segala limpahan nikmat dan karunia-Nya yang tak terhingga bagi kita semua, semoga manfaat keberkahan sisa hidup ini kita dapat menasharufkannya dengan sebaik-baiknya pada jalan yang diridhoi-Nya, amin. Shalawat serta salam semoga terlimpahkan kepada junjunan kita Nabi Mulia Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan para pengikutnya yang setia pada ajarannya hingga akhir masa, amin.

Jika kita perhatikan bahwa persaingan hidup yang diperankan oleh setiap umat manusia di dunia ini, setiap hari timbul keanehan-keanehan yang tidak lazim dilakukan menurut ukuran etika dan perdaban manusia secara keseluruhan. Hampir setiap kita pada ujung perjuangan hidup ini bahkan terjebak dengan paham hedonisme. Materi dan jabatan sudah dijadikan sentral tujuan dari bertumpuknya harapan dan keinginan semua orang. Sehingga norma, etika, dan tata hukum sudah tidak lagi menempati posisi supremasi. Ironisnya, setiap perilaku yang jelas-jelas berindikasi melanggar tatanan hukum dan norma kehidupan seluruhnya dilakukan pada dataran alam sadar manusia. Bahkan lebih parahnya lagi penyimpangan itu dilakukan secara terang-terangan dan tanpa ada rasa malu sedikitpun. Indikator dari kejadian ini semua akan berujung pada sikap pelecehan terhadap hukum dan perundang-undangan yang ada.

Nah, di tengah-tengah hingar bingarnya euporia sandiwara yang diperankan oleh para elite yang notabene sepagai pengemban sebuah amanat, maka dengan ini kami mengajak kita semua untuk memalingkan perhatian kita pada perbaikan nasib bangsa ke depan. Sebagai salah satu upaya “refreshing” kita dengan ini kami berinisiatif akan menyelenggarakan sebuah kegiatan yang insya Allah akan memberikan motifasi dan kerangka berpikir yang lebih kreatif bagi kita semua, terutama para insan pendidikan untuk kembali bersama-sama menyatukan visi kita yang berbasis peserta didik.

Masih banyak kegiatan lain yang sifatnya dipandang sederhana akan tetapi dampaknya sangat besar dan lebih fundamental pada pembentukan karakter anak bangsa menuju pada suasana yang lebih baik. Salah satu di antaranya dengan cara meraih dan membujuk anak-anak remaja melalui pendekatan hobi, talenta/bakat, dan minat mereka untuk dapat disalurkan pada forum yang lebih formal. Marilah kita angkat dan bangkitkan semangat juang mereka dan berupaya mengisi sisa waktu luangnya di luar jam sekolah agar tidak “terdampar” pada aktivitas-aktivitas yang sifatnya tidak mendidik dan tentu merugikan kita semua.

Persoalan kenakalan remaja sebenarnya tidak harus terjadi jika semua pihak ikut aktif dan peduli terhadap nasib generasi kita ke depan. Salah satu caranya adalah dengan lebih banyak memberikan solusi daripada hanya mencaci dan memaki perilaku mereka, yang belum tentu kita mengerti latar belakang dan duduk persoalan kejiwaan mereka yang sebenarnya. Namun demikian, kita semua tentu tidak bersikap naip bahwa banyak warga masyarakat yang memiliki kepedulian lebih terhadap nasib anak bangsa ke depan dengan cara membuka kelompok belajar dan keterampilan tambahan di luar waktu-waktu sekolah. Tentunya tindakan-tindakan mulia seperti itu patut kita tiru dan kita dukung.

Dalam hal ini kami, Panitia Semarak Keagamaan, Olahraga dan Seni (SEGANI) MA YPK Cijulang Kab. Ciamis bermaksud menyelenggarakan beberapa mata lomba khusus bagi siswa SLTP se-Kabupaten Ciamis. Besar harapan kami agar kegiatan ini dapat memberikan kontribusi demi menjawab fenomena dasar pemikiran sebagaimana dipaparkan di atas.

 

1. Nama Kegiatan

SEMARAK KEAGAMAAN, OLAHRAGA DAN SENI (SEGANI) MA YPK Cijulang Kabupaten Ciamis.

 

2. Tema Kegiatan

“Menyongsong Masa Depan Indonesia sebagai Negara yang Kompetitif dengan Ditopang oleh Kualitas Sumber Daya Manusia yang Handal dan Bermartabat”

 

3. Waktu Kegiatan

Senin – Rabu, 14 – 16 Februari 2011

(Jadwal Kegiatan sebagaimana diatur pada poin 9)

 

4. Tempat

Kampus Madrasah Aliyah (MA) YPK Cijulang

Jalan Ponpes Kalangsari No. 06 Desa Kondangjajar Kecamatan Cijulang Kab. Ciamis ( 0265-2640369

 

5. Jenis Kegiatan

Kegiatan SEGANI akan diisi dengan 7 (tujuh) macam mata lomba, yaitu :

a.      Olahraga : Bola Voli pa/pi

b.      Busana Muslim/Muslimah

c.       Kosidah Modern pi utusan  grup @5 orang

d.      Pidato Basa Sunda (1 orang utusan, pa atau pi)

e.       Pidato Bahasa Arab (1 orang utusan, pa atau pi)

f.        Pidato Bahasa Inggris (1 orang utusan, pa atau pi)

g.       MTQ pa dan pi

(Petunjuk Pelaksanaan dan Teknis sebagaimana terlampir)

 

6. Tujuan

1.      Menjalin ikatan silatur rahim di antara Kelarga besar Yayasan Pendidikan Kalangsari Cijulang dengan para kontingen yang mewakili seluruh SLTP se-Kabupaten Ciamis.

2.      Memunculkan dan memilih para muda berbakat, berkualitas  dan potensi yang ditampilkan oleh siswa SLTP dalam bidang keagamaan, olahraga dan seni.

3.      Memotivasi setiap komponen pendidikan guna lebih memacu kinerjanya sebagai bagian dari tanggung jawab dan tugas yang diembannya.

4.      Memupuk rasa kebersamaan dan menyatukan visi akan arti penting menyiapkan generasi muda penerus bangsa yang berkualitas bidang intelektualnya, minat dan bakatnya, serta kesetabilan emosionalnya yang dilandasi nilai-nilai luhur akhlaqul karimah.

 

7. Target

Target Peserta : Siswa-siswi SLTP se-Kabupaten Ciamis

 

8. Jadwal Pelaksanaan

No Waktu Jenis Kegiatan Tempat Ket.
1. Sabtu, 

12-02-2011

Pkl. 09 – 11.00

Technical meeting Kampus MA YPK Cijulang
2. Senin, 

14-02-2011

Pkl. 08 – 15.00

–            Pembukaan 

–            Bola Voli

–            Busana Muslim dan Qosidah

Kampus MA YPK Cijulang
3. Selasa, 

15-02-2011

Pkl. 08 – 15.00

–            Bola Voli (lanjutan I) 

–            MTQ

–            Pidato

Kampus MA YPK Cijulang
4. Rabu, 

16-02-2011

Pkl. 08 – 15.00

–            Bola Voli (lanjutan II) 

–            Penutupan

Kampus MA YPK Cijulang

 

9. Penutup

Tanpa mengurangi rasa ta’zim kami kepada para pemerhati yang peduli pada nasib anak bangsa, komponen tenaga pendidik dan pihak lain yang terkait yang tidak sempat kami melakukan silaturrahim langsung, dengan ini kami mengajak untuk ikut serta memberikan dukungan dan motivasinya. Demikian rencana kegiatan kami semoga Allah SWT dapat memberkati kita semua, amin.

 

Cijulang, 10 Januari 2011

PANITIA

Semarak Keagamaan, Olahraga, dan Seni

MA YPK Cijulang

Ketua,                                                                          Sekretaris,

 

SAEPUDIN, S.Ag.                                                       SYAEFULLAH, S.Pd.I

Mengetahui

Kepala MA YPK Cijulang,

 

Drs. H. MULYANA

NIP. 19651106 199203 1 002

 

PETUNJUK TEKNIS DAPAT Anda download DI SINI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: