Tingkat Kecelakaan Lalulintas Anak Sekolah Tinggi

Ketika jam-jam masuk sekolah atau jam-jam keluar sekolah masyarakat umum hendak bepergian sepertinya harus menunda dulu rencananya, karena banyak pengendara dari kalangan anak sekolah yang memacu kendaraan sangat sembrono. Terkadang banyak pengendara lain yang mengalah dengan cara menepi dulu di pinggir jalan ketika sekawanan sepeda motor anak sekolah hendak melintas.

Upaya untuk meredam aksi kebut-kebutan mereka dijalanan tentu banyak pihak yang telah mengambil berbagai langkah. Pihak orang tua dan sekolah secara intensif dan kontinyu selalu berpesan agar hati-hati dalam mengendarai kendaraan. Akan tetapi suasana di rumah atau di sekolah akan berbalik 180 derajat dengan suasana di jalanan. Akibatnya angka kecelakaan lalulintas yang menelan korban anak sekolah sungguh sangat tinggi. Kita menyayangkan bencana ini terjadi, di mana anak-anak yang menjadi tumpuan harapan bangsa menjadi korban sia-sia di jalanan.

Belum ada Cara Efektif

Kami, selaku penyelenggara pendidikan di MA YPK Cijulang Kab. Ciamis telah berupaya semaksimal mungkin memberikan penerangan dan pembelajaran tentang tatakrama di jalanan. Dihimbau agar selalu berhati-hati ketik mengendarai kendaraaan bermotor, karena risikonya sangat tinggi. Selain membahayakan pada diri sendiri juga membahayakan pada orang lain.

Suatu hari, saya mendownload sebuah video tentang kecelakaan tragis yang mengerikan. Selanjutnya saya coba divisualisasikan dengan proyektor di dalam kelas. Harapan saya, semoga anak-anak mendapat pelajaran yang berharga dari kejadian tersebut, dan merubah sikap menjadi lebih hati-hati di jalanan. Akan tetapi sungguh di luar dugaan, mereka menanggapi tayangan tabrakan tersebut dengan suka cita. Malahan mereka meminta untuk diulang berkali-kali tayangan tersebut, dengan nada membanggakan.

Kita merasa kurang habis pikir mengapa sikap anak didik di sekolah-sekolah itu bertolak belakang dengan harapan semua orang tua. Dengan demikian, kita bisa menyimpulkan bahwa tarikan pengaruh lingkungan lebih kuat daripada pengaruh pembelajaran di sekolah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: